PROSESI JUMAT AGUNG MENYINGGAHI 8 ARMIDA


Urutan Good Friday Procession (Prosesi Jumat Agung)
Perjalanan prosesi mengelilingi Kota Larantuka menyinggahi delapan buah perhentian (Armida), yakni
1.      Armida Missericordia (Pantai Besar)
2.      Armida Tuan Meninu (Armada kota)
3.      Armida St. Philipus (Balela)
4.       Armida Tuan Trewa (Larantuka)
5.      Armida Mesti De Campo (Pantekebi)
6.      Armida St. Antonius (Pohon Sirih)
7.      Armida Kuce (Istana Raja)
8.      Armida Desa Lohayong. 

Urutan Armida ini menggambarkan seluruh kehidupan Yesus Kristus mulai dari ke AllahNya (Missericordia), kehidupan manusiaNya dari masa Bayi (Tuan Meninu), masa remaja (St. Philipus) hingga masa penderitaanNya sambil menghirup dengan tabah dan sabar seluruh isi piala penderitaan sekaligus piala keselamatan umat manusia. 

Sejak perarakan keluar dari gereja, para "ana muji" melagukan "popule meus" yang mengisahkan tentang keluhan Allah akan rahmat dan kebaikan-Nya yang disia-siakan oleh umat-Nya. Sementara puteri-puteri Yerusalem meratapi penderitaan dan kesengsaraan Kristus dalam alunan “ejus domine”


Di setiap Armida (perhentian), dalam keheningan nan bening, ketika semua doa dan lagu dihentikan berkumandanglah ratapan Kristus yang memilukan Ovos omnes est dolor sicut dolor meus" (Wahai kalian yang melintas dijalan ini adakah deritamu sehebat deritaku). 

Lagu pilu ini dinyanyikan oleh seorang perempuan berkerudung biru, sembari secara perlahan-lahan membuka gulungan berlukiskan "ecce homo" atau wajah Yesus bermahkota duri yang berlumuran darah. Momentum ini kembali mengingatkan peristiwa Veronika menyapu wajah Yesus ketika dalam perjalanan berdarah menuju bukit tengkorak (Golgota) yang kemudian disusul dengan lagu "sinyor deo missericordia" yang begitu agung oleh barisan Confreria. (Maksimus Masan Kian)

Sumber: FbJon Magasar Bahy
Top of Form
Bottom of Form

komentar itu penting
sebab itu katakan apa yang ingin adan katakan
katakan yang baik atau buruk
asal jangan berkata tentang SARAH dan menyinggung orang lain
EmoticonEmoticon