AGUPENA FLOTIM AKAN DIBENTUK PADA 1 MARET 2015



AGUPENA Akronim dari Asosiasi Guru Penulis Indonesia. AGUPENA dibentuk untuk pertama kali pada tanggal 28 November 2006 di Jakarta oleh para pemenang Lomba Penulisan Naskah Buku Bahan Bacaan yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, atas usulan dan dukungan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( PMPTK) yang saat itu dijabat oleh Dr. H. Fasli Jalal dan telah dicatat dalam akta notaris pada tanggal 22 Desember 2006    No. 06/ 2006 oleh notaris Saifuddin Arief, S.H., M.H.

Sejak itu, AGUPENA sudah terbentuk dihampir seluruh Provinsi dan juga kabupaten/ kota se- Indonesia. Di Nusa Tenggara Timur (NTT), AGUPENA baru terbentuk pada tanggal 14 desember 2014 oleh guru – guru penulis di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Melalui Musyawarah, Bapak Thomas A. Sogen, S.Pd, M.BA dipilih sebagai ketua untuk periode pertama.

Untuk Pembentukan pengurus cabang di Kabupaten Flores timur, kepada kami, ( Maksimus Masan Kian,S.Pd) diberikan mandat oleh Ketua AGUPENA NTT dengan surat tugas/ mandat nomor: 04/ AGUPENA NTT/I/2015, tanggal 31 Januari 2015. Dengan dasar surat ini, kami pada hari senin tanggal 9 Februari 2015 membangun komunikasi dengan Bapak Kepala Dinas PPO Kabupaten Flores Timur ( Drs. Bernadus Beda Keda), diruang kerjanya. Kurang lebih 45 menit berdiskusi terkait rencana pembentukan AGUPENA Flotim. Menurut beliau, rencana yang ada sangat positif dalam pengembangan profesi guru. Kepala Dinas mengatakan bahwa ia sangat senang dan bangga jika ada forum yang berusaha untuk memediasi guru dalam menyalurkan kreativitas dan inovasinya dalam dunia menulis. Bagi kami, ini merupakan sebuah langkah yang baik. Kami sangat mendukung upaya ini dalam peningkatan kapasitas guru dalam bidang profesinya, juga peningkatan kesehjateraannya.  Saya berharap Wadah ini cepat terbentuk  yang  bisa menghimpun banyak guru, serta bisa merancang program untuk diaplikasikan. Sebagai pemerintah untuk sebuah hal yang baik kami akan mendukungnya. Saya akan turut melakukan sosialisasi ke bawah dalam hubungan dengan rencana pembentukan Asosiasi ini. Demikian kutipan pernyataan Kepala Dinas PPO Kabupaten Flores Timur.

Selain itu, dukungan juga datang dari ketua Komisi C DPRD Kabupaten Flores Timur yang membidangi Pendidikan Bapak Ignasius Uran, S.Fil. Beliau mengatakan bahwa adanya Asosiasi yang menghimpun guru dalam meningkatkan potensi dirinya khusus dalam menghasilkan karya ilmiah adalah sebuah hal yang sangat positif.  Saat ini memang banyak guru yang tidak memiliki minat dalam menulis, tetapi dengan hadirnya wadah yang bisa memberikan pendidikan dan pelatihan bagi guru dalam menulis maka bisa jadi akan memotivasi guru. Secara pribadi dan lembaga kami sangat mendukung. Ade mereka bentuk dulu setelah itu buat rencana program, jika kita memiliki pos anggaran untuk mendukung asosiasi ini akan kita upayakan secara lembaga untuk mendukung kegiatan Asosiasi ini.

Berdasarkan Anggaran Dasar (AD) organisasi ada beberapa kegiatan dan Usaha AGUPENA diantaranya; 

1.     Memberikan pembinaan dan pelatihan kepada guru, dosen, dan tenaga kependidikan agar mampu menulis bahan bacaan, buku pelajaran, karya ilmiah yang sangat membantu guru yang mengalami kesulitan kenaikan pangkat  
       Membantu pemerintah mendorong peserta didik secara aktif mengebangkan potensi dirinya.
3.      Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta di dalam maupun di luar negeri bagi kemajuan dan kesehjateraan serta peningkatan kualitas profesi guru penulis
4.  Menerima/ melayani guru, dosen, dan tenaga kependidikan yang menulis bahan bacaan yang dengan regulasi.(UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, dan UU nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen)
5.      Menyelenggarakan penelitian, pelatihan, dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan serta studi banding keilmuan dan profesi
6.      Melakukan kegiatan dan usaha lain yang halal yang dapat mewadahi dan menghidupi kegiatan organisasi dan para anggotanya

Dengan informasi ini, kami mengajak guru/ pensiunan guru, Dosen/ pensiunan dosen, Tenaga Kependidikan/ pensiunan tenaga kependidikan untuk bisa berpartisipasi dan terlibat dalam pembentukan AGUPENA Flores Timur  pada hari Minggu 1 maret 2015 di Aula SMA Negeri I Larantuka. Untuk bisa diketahui akan hadir, dapat menghubungi kami dengan alamat email maksimasan@yahoo.com / nomor hanpon : 085 253 456 413/ Akun Facebook Maksimus Masan Kian/ melalui BBM Pin: 53cf7c59/ atau hubungi Bpk. Silwester Witin, nomor hanpon: 082 146 982 744, alamat kerja SMA Negeri 1 Larantuka. Sertakan identitas, nama lengkap, asal sekolah, alamat tempat tinggal, nomor hanpon, keterangan penulis / penulis pemula. Sallam!

                                                                                                                        Hormat Kami,
                                                                                                                     Penerima Mandat

                                                                                                           Maksimus Masan Kian, S.Pd

komentar itu penting
sebab itu katakan apa yang ingin adan katakan
katakan yang baik atau buruk
asal jangan berkata tentang SARAH dan menyinggung orang lain
EmoticonEmoticon