AGUPENA FLOTIM BERBAGI KASIH

Menjelang Paskah, Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Flores Timur ( Flotim) berbagi kasih.


Melalui "Gerakan Katakan Dengan Buku" dengan sasaran sekolah- sekolah di wilayah pelosok Flores Timur (Flotim), Pengurus Agupena Flotim pada Sabtu, 19/3/16 menyambangi Sekolah Dasar (SD) Filial Beda Lima, Lama Ojan Desa Bahingga Kecamatan Tanjung Bunga Flotim. Agupena datang membawa sumbangan buku bacaan untuk anak - anak SD.
SD Filial Beda Lima adalah salah satu SD pada wilayah pelosok Tanjung Bunga. Jarak dari Larantuka Ibu Kota Flotim menuju ke tempat ini sejauh kurang lebih 40Km. Waktu tempuh dengan menggunakan sepeda motor kurang lebih 1 1/2 jam. Kondisi jalan saat keluar dari Kota Larantua baik, namun sebagian rusak parah yang membutuhkan ketabahan menempuh jalan ini.
Pengurus Agupena Flotim yang mengambil bagian pada aksi ini diantaranya Silvester Witin ( Wakil Ketua), Benediktus Bereng Lanan ( Wakil Ketua Sie. Dokumentasi, yang juga selaku koordinator kegiatan), Tobias Tobi Ruron ( Sekretaris Sie. Humas) dan anggota Sie. Humas Jeremias Lagadoni Paun.
Tiba di lokasi tepat pkl 11.00 Wita langsung dilakukan acara penyerahan bantuan buku secara simbolik dari Ketua Agupena Flotim Maksimus Masan Kian, kepada Kepala SDK Filial Beda Lima Aloysius Beda Maran.

Kepala SD Filial Beda Lima yang juga menjabat sebagai Kepala SD Inpres Lama Ojan,  Aloysius Beda Maran dalam sambutannya mengaku bangga bisa dikunjungi oleh teman - teman dari Agupena Flotim. " Kami merasa bangga atas kunjungan hari ini. Sekolah kami memang belum memiliki bahan bacaan yang memadai. Kondisi ruang kelas yang kurang mendukung, menyulitkan kami dalam menyimpan buku. Tahun tahun ini kami mendapat bantuan  dua gedung baru yang sekarang berlokasi di depan gedung darurat ini, semoga dapat memudahkan kami untuk menyimpan buku - buku bantuan dari Agupena ini. Sekolah kami terdiri dari 6 rombongan belajar dengan jumlah siswa 40 orang diasuh oleh 6 orang guru. Kami berharap, para pihak tidak menutup mata dan tetap memberikan perhatian dalam mendukung upaya bersama meningkatkan kualitas pendidikan di daerah dan terkhusus lagi di wilayah pelosok. Saya dan anak - anak tetap menaruh harap kepada siapa saja yang bisa membantu kami di sekolah ini. Kata Aloysius.
Ketua Agupena Flores Timur Maksimus Masan Kian dalam sambutannya menyampaikan aksi “Gerakan Katakan Dengan Buku” di Flotim dilaksanakan berangkat dari Agupena mendapatkan sumbangan buku dari Komunitas “Gerakan Katakan Dengan Buku” yang digagas oleh John Lobo (Putra Ngada - Flores) yang saat ini menjadi guru di Kediri Jawa Timur. "Hari ini adalah aksi perdana, dan SD Filial Beda Lima mendapat kunjungan yang pertama. Alasan kami adalah, sekolah ini termasuk berada di wilayah pelosok dan masih memiliki banyak keterbatasan dari sisi sarana dan prasarana di sekolah," Kata Maksi.

Kepada anak - anak Maksi berpesan, agar bisa mencintai aktivitas membaca sejak dini. "Adik - adik harus bisa membagi waktu untuk bukan saja bermain dengan permainan seperti yang adik - adik lakukan selama ini, namun juga harus diisi dengan kegiatan membaca. Membaca tidak harus di dalam gedung yang mewah, duduk di kursi yang empuk namun membaca dapat dilakukan dimana saja baik itu di rumah, di bawah pohon atau juga di pondok yang ada di kebun," kata Maksi.
Jumlah buku yang disumbang sebanyak 696 terdiri dari 4 judul buku yang isi bukunya lebih pada pendidikan karakter. Berisi cerita bergambar, animasi, dan lain - lain.
Pengurus Agupena Flotim setelah membagikan buku, melakukan foto bersama dan bermain dengan anak – anak. Anak – anak nampak antusias mendapat kunjungan dari Agupena Flotim. Rombongan Agupena Flotim baru meninggalkan SD Filial Beda Lima pada pukul.12.30 Wita. (Maksimus Masan Kian)

komentar itu penting
sebab itu katakan apa yang ingin adan katakan
katakan yang baik atau buruk
asal jangan berkata tentang SARAH dan menyinggung orang lain
EmoticonEmoticon